mohon bantuan pada tugas akhir .. bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong sudah benar atau tidak ? yg bs membantu saya bisa memberi biaya :(
3 posters
Page 1 of 1
mohon bantuan pada tugas akhir .. bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong sudah benar atau tidak ? yg bs membantu saya bisa memberi biaya :(
bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong benar atau tidak ?dan bisa menampilkan jumlah kesalahannya. yg bs membantu saya bisa memberi biaya
mhon bantuannya...

mutia- Unity3D Newbie
- Posts : 5
Points : 7
Reputation : 0
Join date : 2014-08-20
Re: mohon bantuan pada tugas akhir .. bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong sudah benar atau tidak ? yg bs membantu saya bisa memberi biaya :(
mutia wrote:bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong benar atau tidak ?dan bisa menampilkan jumlah kesalahannya. yg bs membantu saya bisa memberi biayamhon bantuannya...
Masukin suara ke dalam Unity itu gampang banget. Tapi kalau dilihat dari kasusnya, masalahnya bukan cuma itu kan? Pertanyaannya bisa lebih spesifik nggak? Bisa dibantu dengan skema mungkin? Atau gambar gitu? Terus bisa lihat screen shotnya? Pertanyaan ini kayaknya seru juga nih untuk dibahas rame-rame

screenshoot
gini om, saya kan buat aplikasi vitual talempong menggunakan microsoft kinect. saya ingin membuatnya seperti game guitar hero gitu, nada talempong yang dipukul disesuaikan sama lagunya,
Untuk saat ini membuat si talempong sudah berhasil om, tapi saya bingung menyasuaikannya dengan lagu. terima kasih om
satu lagi pertanyaannya om, bagaimana membuat tongkatnya tidak dapat menembus talempong? saya sudah pakai collider, tapi tidak berhasil,.
berikut link screenshootnya om : drive.google.com**folderview?id=0B0x2W91_sRSDUm1IUlRVRjZKU1k&usp=sharing
Untuk saat ini membuat si talempong sudah berhasil om, tapi saya bingung menyasuaikannya dengan lagu. terima kasih om
satu lagi pertanyaannya om, bagaimana membuat tongkatnya tidak dapat menembus talempong? saya sudah pakai collider, tapi tidak berhasil,.
berikut link screenshootnya om : drive.google.com**folderview?id=0B0x2W91_sRSDUm1IUlRVRjZKU1k&usp=sharing
mutia- Unity3D Newbie
- Posts : 5
Points : 7
Reputation : 0
Join date : 2014-08-20
Re: mohon bantuan pada tugas akhir .. bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong sudah benar atau tidak ? yg bs membantu saya bisa memberi biaya :(
mutia wrote:gini om, saya kan buat aplikasi vitual talempong menggunakan microsoft kinect. saya ingin membuatnya seperti game guitar hero gitu, nada talempong yang dipukul disesuaikan sama lagunya,
Untuk saat ini membuat si talempong sudah berhasil om, tapi saya bingung menyasuaikannya dengan lagu. terima kasih om
satu lagi pertanyaannya om, bagaimana membuat tongkatnya tidak dapat menembus talempong? saya sudah pakai collider, tapi tidak berhasil,.
berikut link screenshootnya om : drive.google.com**folderview?id=0B0x2W91_sRSDUm1IUlRVRjZKU1k&usp=sharing
oalaaah, pake microsoft kinect, mohon maaf banget nih, kalau udah berurusan dengan per-kinect-an belom bisa bantu. nggak punya sensornya soale, jadi kagak ngerti mesti di apain juga tuh kinectnya,

pertanyaan pertama
Om, bisa bantu tentang yg saya tanyakan pertama om? kan ada 2 pertanyaan,.
saya mau buat memainkannya sambil mengikuti lagi, jadi kayak guitar hero, jadi pada waktu sekian, nada yg harus ditekan itu nada 'a', .... terus dihitung kesalahannya berapa om
saya berharap ada yg bisa membantu om
saya mau buat memainkannya sambil mengikuti lagi, jadi kayak guitar hero, jadi pada waktu sekian, nada yg harus ditekan itu nada 'a', .... terus dihitung kesalahannya berapa om
saya berharap ada yg bisa membantu om
mutia- Unity3D Newbie
- Posts : 5
Points : 7
Reputation : 0
Join date : 2014-08-20
Coba Pakai timer
tadinya mau coba bantu. tapi ternyata pertanyaannya sulit. Mungkin disini saya akan mencoba mengasih saran.
Bagai mana kalau mencoba memakai timer. sebagai gambaran disini saya sertakan contoh scriptnya.
Bagai mana kalau mencoba memakai timer. sebagai gambaran disini saya sertakan contoh scriptnya.
- Code:
public class NilaiNadaBenar : MonoBehaviour {
float timer=0;
float tempo=.5f;//.5 second
int nadaKe=1;
void FixedUpdate(){
if (Time.fixedTime > (timer+tempo))
{
nadaKe++;
timer = Time.fixedTime;
Debug.Log(nadaKe);
/*
* disini tempat untuk membandingkan nada dari user dengan template
* contoh
* if(nadaKe==1&&PijitanUser==Do){
* betul++;//kasih skor
*
* }else{
* betul--;//kurangi skor
* }
* if(nadaKe==2&&PijitanUser==re){
* betul++;//kasih skor
*
* }else{
* betul--;//kurangi skor
* }
*/
}
}
}
KangDadan- Unity3D Newbie
- Posts : 3
Points : 5
Reputation : 0
Join date : 2014-08-27
Location : Bandung
Re: mohon bantuan pada tugas akhir .. bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong sudah benar atau tidak ? yg bs membantu saya bisa memberi biaya :(
KangDadan wrote:tadinya mau coba bantu. tapi ternyata pertanyaannya sulit. Mungkin disini saya akan mencoba mengasih saran.
Bagai mana kalau mencoba memakai timer. sebagai gambaran disini saya sertakan contoh scriptnya.
- Code:
public class NilaiNadaBenar : MonoBehaviour {
float timer=0;
float tempo=.5f;//.5 second
int nadaKe=1;
void FixedUpdate(){
if (Time.fixedTime > (timer+tempo))
{
nadaKe++;
timer = Time.fixedTime;
Debug.Log(nadaKe);
/*
* disini tempat untuk membandingkan nada dari user dengan template
* contoh
* if(nadaKe==1&&PijitanUser==Do){
* betul++;//kasih skor
*
* }else{
* betul--;//kurangi skor
* }
* if(nadaKe==2&&PijitanUser==re){
* betul++;//kasih skor
*
* }else{
* betul--;//kurangi skor
* }
*/
}
}
}
kalau timing dan nadanya disimpan di array bagaimana tu om?
mutia- Unity3D Newbie
- Posts : 5
Points : 7
Reputation : 0
Join date : 2014-08-20
script2
Silahkan neng dicoba
- Code:
using UnityEngine;
public class NilaiNadaBenar : MonoBehaviour {
float timer=0;
float tempo=.5f;//.5 second
int nadaKe=0;
int betul=0;
string[] nadanada;
string PijitanUser="re";
void Start () {
nadanada=new string[] {"do","re","mi","fa"};
}
void FixedUpdate(){
if (Time.fixedTime > (timer+tempo)&&nadaKe<nadanada.Length)
{
timer = Time.fixedTime;
/*
* disini tempat untuk membandingkan nada dari user dengan template
*/
if(nadanada[nadaKe]==PijitanUser){
betul++;//kasih skor
}else{
betul--;//kurangi skor
}
Debug.Log(betul.ToString());
nadaKe++;
}
}
}
KangDadan- Unity3D Newbie
- Posts : 3
Points : 5
Reputation : 0
Join date : 2014-08-27
Location : Bandung
Re: mohon bantuan pada tugas akhir .. bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong sudah benar atau tidak ? yg bs membantu saya bisa memberi biaya :(
mutia wrote:Om, bisa bantu tentang yg saya tanyakan pertama om? kan ada 2 pertanyaan,.
saya mau buat memainkannya sambil mengikuti lagi, jadi kayak guitar hero, jadi pada waktu sekian, nada yg harus ditekan itu nada 'a', .... terus dihitung kesalahannya berapa om
saya berharap ada yg bisa membantu om
Saya coba bantu dengan bikinin tutorial sederhana. Bisa diakses di sini: http://blogtutorial-unity.blogspot.com/2014/08/tutorial-unity-logik-guitar-hero-like.html

Re: mohon bantuan pada tugas akhir .. bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong sudah benar atau tidak ? yg bs membantu saya bisa memberi biaya :(
KangDadan wrote:Silahkan neng dicoba
- Code:
using UnityEngine;
public class NilaiNadaBenar : MonoBehaviour {
float timer=0;
float tempo=.5f;//.5 second
int nadaKe=0;
int betul=0;
string[] nadanada;
string PijitanUser="re";
void Start () {
nadanada=new string[] {"do","re","mi","fa"};
}
void FixedUpdate(){
if (Time.fixedTime > (timer+tempo)&&nadaKe<nadanada.Length)
{
timer = Time.fixedTime;
/*
* disini tempat untuk membandingkan nada dari user dengan template
*/
if(nadanada[nadaKe]==PijitanUser){
betul++;//kasih skor
}else{
betul--;//kurangi skor
}
Debug.Log(betul.ToString());
nadaKe++;
}
}
}
Siiip! Logikanya Kang Dadan ini juga bisa dipakai. Hatur nuhun, kang

Terima kasih banyak Ommm :)
Akhirnya dari penjelasan om2 di atas saya dapat pecerahan

ada mau saya tanya lagi om :
berikut bagian kode yg saya letakkan di objek talempong
ini kode di button pilihan lagunya om,
error pertama :
NullReferenceException: Object reference not set to an instance of an object
periksa.OnTriggerEnter (UnityEngine.Collider o) (at Assets/periksa.js:23)
dari kode "if(bunyikanscript.node[bunyikan.ns] == idtal){"
yg kedua, ns++; yg di atas tidak jalan
mohon sekali bantuan om2 master,. waktu pengerjaan saya tinggal 1-2 hari lagi om






ada mau saya tanya lagi om :
berikut bagian kode yg saya letakkan di objek talempong
- Code:
function OnTriggerEnter(o:Collider){
bunyikanscript = GetComponent(bunyikan);
if(bunyikan.ns > 0){
if(bunyikanscript.node[bunyikan.ns] == idtal){
bunyikanscript.hasil[bunyikan.ns] = 1;
benar = "Benar";
}else{
benar = "Salah";
}
}
}
ini kode di button pilihan lagunya om,
- Code:
var jumlahnode : int;
var hasil = new float[jumlahnode];
var node = new String[jumlahnode];
var timing = new double[jumlahnode];
var arrtime = new Date[(jumlahnode+2)];
var date = new Date();
var dnow = new Date();
public static var ns = new int(); //nodesekarang
ns = 0;
var cek : bunyi;
function Update () {
if (ns == 1){
arrtime = new Date[(jumlahnode+2)];
}
if (ns > 0 && ns <= jumlahnode){
for (var i = ns-1; i < (ns); i++) {
var x = date.AddSeconds(timing[i]);
arrtime[i] = x;
arrtime[i+1] = x.AddSeconds(1);
arrtime[i+2] = x.AddSeconds(2);
}
cek = GetComponent(bunyi);
if ( cek.isflush ){
dnow = new Date();
for (var ii = ns-1; ii < jumlahnode-1; ii++) {
if( dnow > arrtime[ns] ){
break;
}else if(dnow < arrtime[ns+1] ){
break;
}else if (dnow < arrtime[ns+2]){
if(ns < jumlahnode){
if(dnow > arrtime[ns+1]){
ns++;
ii=ns;}}
}else if(ns == jumlahnode){
periksa.benar = "selesai";
ns = 0;
}
}
}
}
}
function OnTriggerEnter(o:Collider){
ns = 1;
date = new Date();
hasil = new float[jumlahnode];
for (var i = 0; i < jumlahnode ; i++){
hasil[i] = 0;}
}
error pertama :
NullReferenceException: Object reference not set to an instance of an object
periksa.OnTriggerEnter (UnityEngine.Collider o) (at Assets/periksa.js:23)
dari kode "if(bunyikanscript.node[bunyikan.ns] == idtal){"
yg kedua, ns++; yg di atas tidak jalan
mohon sekali bantuan om2 master,. waktu pengerjaan saya tinggal 1-2 hari lagi om



mutia- Unity3D Newbie
- Posts : 5
Points : 7
Reputation : 0
Join date : 2014-08-20
Re: mohon bantuan pada tugas akhir .. bagaimana insert lagu ke unity lalu mengecek apakah nada yg kita tekan pada talempong sudah benar atau tidak ? yg bs membantu saya bisa memberi biaya :(
mutia wrote:Akhirnya dari penjelasan om2 di atas saya dapat pecerahan![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
ada mau saya tanya lagi om :
berikut bagian kode yg saya letakkan di objek talempong
- Code:
function OnTriggerEnter(o:Collider){
bunyikanscript = GetComponent(bunyikan);
if(bunyikan.ns > 0){
if(bunyikanscript.node[bunyikan.ns] == idtal){
bunyikanscript.hasil[bunyikan.ns] = 1;
benar = "Benar";
}else{
benar = "Salah";
}
}
}
ini kode di button pilihan lagunya om,
- Code:
var jumlahnode : int;
var hasil = new float[jumlahnode];
var node = new String[jumlahnode];
var timing = new double[jumlahnode];
var arrtime = new Date[(jumlahnode+2)];
var date = new Date();
var dnow = new Date();
public static var ns = new int(); //nodesekarang
ns = 0;
var cek : bunyi;
function Update () {
if (ns == 1){
arrtime = new Date[(jumlahnode+2)];
}
if (ns > 0 && ns <= jumlahnode){
for (var i = ns-1; i < (ns); i++) {
var x = date.AddSeconds(timing[i]);
arrtime[i] = x;
arrtime[i+1] = x.AddSeconds(1);
arrtime[i+2] = x.AddSeconds(2);
}
cek = GetComponent(bunyi);
if ( cek.isflush ){
dnow = new Date();
for (var ii = ns-1; ii < jumlahnode-1; ii++) {
if( dnow > arrtime[ns] ){
break;
}else if(dnow < arrtime[ns+1] ){
break;
}else if (dnow < arrtime[ns+2]){
if(ns < jumlahnode){
if(dnow > arrtime[ns+1]){
ns++;
ii=ns;}}
}else if(ns == jumlahnode){
periksa.benar = "selesai";
ns = 0;
}
}
}
}
}
function OnTriggerEnter(o:Collider){
ns = 1;
date = new Date();
hasil = new float[jumlahnode];
for (var i = 0; i < jumlahnode ; i++){
hasil[i] = 0;}
}
error pertama :
NullReferenceException: Object reference not set to an instance of an object
periksa.OnTriggerEnter (UnityEngine.Collider o) (at Assets/periksa.js:23)
dari kode "if(bunyikanscript.node[bunyikan.ns] == idtal){"
yg kedua, ns++; yg di atas tidak jalan
mohon sekali bantuan om2 master,. waktu pengerjaan saya tinggal 1-2 hari lagi om
![]()
![]()
![]()
Waaah, error ini rada mumet mbak. NullReferenceException: Object reference not set to an instance of an object. Ini biasanya terjadi karena penggunaan object yang salah sehingga ga bisa diakses membernya. Kalau dalam kasus mbak sih, ini dari arraynya. Saya kasih contoh:
Int[] Arrayku = new Arrayku(10);
Arrayku[0] = 1;
Dalam kasus standar coding ini seharusnya nggak masalah, tapi di Unity hal seperti bisa kejadian karena urutan member dan object yang salah. *saya sering mengalami kasus serupa, sehingga terpaksa bikin class baru untuk dijadiin component gameobjet yang lain* mekanismenya rada rieut memang. Atau gini aja, mbak bisa kasih link sourcenya nggak? *minus yang kinect ya, saya ga punya kinect soale* jadi saya bisa bantuin compile sekalian nyari komposisi object yang pas. *ini berkaitan langsung dengan mata kuliah pemrograman berorientasi object*
Atau master-master yang lain ada yang bisa bantu?

» Unity 3D versi 3.3 tidak bisa build .exe ??
» MOHON BANTUAN NUBIE NIH
» membuat animasi pada karakter atau model 3D
» MOHON BANTUAN NUBIE NIH
» membuat animasi pada karakter atau model 3D
Page 1 of 1
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum
|
|
» [ASK HELP] Slide informasi di augmented reality
» ASK cara klik dan memunculkan informasi
» [Ask] mengubah game PC menjadi game Android
» Virtualisasi suatu Gedung mengunakan unity3D + google seketchUP
» Minta Tolong, slideshow ngga muncul saat object di klik
» tolong dong lagi bikin button rotate tp button ga keluar
» algoritma Minimax/negascout buat checkers
» screenshot