BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
4 posters
Page 1 of 1
BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
Bagi yang sudah tahu script unity, tolong dong share ilmunya.
kelihatan ni forum gk aktif, gimana Indonesia mau menjadi developer game kalau kayak gini
, yang ada malah jadi user aja
Jadi tolong dong re-upload tutorial-tutorialnya !
TERIMA KASIH
kelihatan ni forum gk aktif, gimana Indonesia mau menjadi developer game kalau kayak gini

Jadi tolong dong re-upload tutorial-tutorialnya !
TERIMA KASIH
Last edited by Robby Reinewald on Tue Jan 28, 2014 9:12 pm; edited 1 time in total
Robby Reinewald- Unity3D Newbie
- Posts : 5
Points : 7
Reputation : 0
Join date : 2014-01-26
Age : 29
Location : Yogyakarta
Re: BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
Ga tau nih... forumnya sepi...
Ada yang mau agan tanyakan?
Ada yang mau agan tanyakan?
black pigeon- Unity3D Newbie
- Posts : 56
Points : 64
Reputation : 6
Join date : 2013-03-04
Re: BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
Ane masih bingung tentang pola script full unity.
Susah nyari tutorial yang full script dan scriptnya rumit banget, gk kaya c++.
Kalau agan tau mohon dishare ya
Susah nyari tutorial yang full script dan scriptnya rumit banget, gk kaya c++.
Kalau agan tau mohon dishare ya
Robby Reinewald- Unity3D Newbie
- Posts : 5
Points : 7
Reputation : 0
Join date : 2014-01-26
Age : 29
Location : Yogyakarta
Re: BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
emang beda gan...
ini ane coba jabarin pelan-pelan dari yang sederhana (Javascript dulu ya)
#pragma strict // handle ini boleh ditulis boleh tidak
// fungsinya untuk menutup auto parsing (penerjemah otomatis)
Misal agan tidak menulis #pragma strict
Seharusnya var Kata : String = "Halo Dunia!"; // Dijelaskan bahwa "Halo Dunia" adalah String
Tapi agan menulis var Kata = "Halo Dunia!"; // Tidak dijelaskan bahwa "Halo Dunia" adalah String
Itu masih bisa dimengerti komputer, karena komputer menerjemahkan "Halo Dunia" sebagai string
Misal agan menulis #pragma strict
Seharusnya var Kata : String = "Halo Dunia!"; // Dijelaskan bahwa "Halo Dunia" adalah String
Tapi agan menulis var Kata = "Halo Dunia!"; // Tidak dijelaskan bahwa "Halo Dunia" adalah String
Itu TIDAK bisa dimengerti komputer, karena agan menutup kemampuan komputer buat menerjemahkan otomatis
Kelebihan agan menulis #pragma strict membuat komputer lebih fokus dan ringan walaupun penerjemah otomatis ditutup
Gimana Lanjut?
ini ane coba jabarin pelan-pelan dari yang sederhana (Javascript dulu ya)
#pragma strict // handle ini boleh ditulis boleh tidak
// fungsinya untuk menutup auto parsing (penerjemah otomatis)
Misal agan tidak menulis #pragma strict
Seharusnya var Kata : String = "Halo Dunia!"; // Dijelaskan bahwa "Halo Dunia" adalah String
Tapi agan menulis var Kata = "Halo Dunia!"; // Tidak dijelaskan bahwa "Halo Dunia" adalah String
Itu masih bisa dimengerti komputer, karena komputer menerjemahkan "Halo Dunia" sebagai string
Misal agan menulis #pragma strict
Seharusnya var Kata : String = "Halo Dunia!"; // Dijelaskan bahwa "Halo Dunia" adalah String
Tapi agan menulis var Kata = "Halo Dunia!"; // Tidak dijelaskan bahwa "Halo Dunia" adalah String
Itu TIDAK bisa dimengerti komputer, karena agan menutup kemampuan komputer buat menerjemahkan otomatis
Kelebihan agan menulis #pragma strict membuat komputer lebih fokus dan ringan walaupun penerjemah otomatis ditutup
Gimana Lanjut?
black pigeon- Unity3D Newbie
- Posts : 56
Points : 64
Reputation : 6
Join date : 2013-03-04
Re: BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
Thank you gan, mau nanya lagi.
Kalau function start dan function update, apakah harus ada atau optional dan kegunaannya apa ?
dan Ane juga masih baru di duinia forum
Kalau function start dan function update, apakah harus ada atau optional dan kegunaannya apa ?
dan Ane juga masih baru di duinia forum
Robby Reinewald- Unity3D Newbie
- Posts : 5
Points : 7
Reputation : 0
Join date : 2014-01-26
Age : 29
Location : Yogyakarta
Re: BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
Fungsi Start() dan fungsi Update() itu merupakan 2 dari beberapa fungsi utama
Bukan optional, karena ada perintah yang hanya bisa dilakukan melalui fungsi utama
Kalau memang tidak ada perintah yang melibatkan fungsi utama, maka tidak apa-apa kalau tidak dipakai
Contoh fungsi utama yang lain yaitu fungsi OnGUI alias General User Interface
#pragma strict
function OnGUI () {
GUI.Label (Rect (10,10,100,20), "Label");
GUI.Box (Rect (10,30,100,20), "Box");
GUI.Button (Rect (10,50,100,20), "Button");
}
Mengisi Rect(a,b,c,d) urutannya:
a. jarak horizontal dihitung dari kiri atas layar
b. jarak vertikal dihitung dari kiri atas layar
c. lebar objek
d. tinggi objek
Jadi jika ada GUI.Label (Rect (10,10,100,20), "Label"); artinya jarak horizontal 10, jarak vertikal 10, lebar 100, tinggi 20
Untuk belajar GUI lebih lanjut lihat di Unity help tab reference bagian GUI scripting guide[You must be registered and logged in to see this image.]
Bukan optional, karena ada perintah yang hanya bisa dilakukan melalui fungsi utama
Kalau memang tidak ada perintah yang melibatkan fungsi utama, maka tidak apa-apa kalau tidak dipakai
Contoh fungsi utama yang lain yaitu fungsi OnGUI alias General User Interface
#pragma strict
function OnGUI () {
GUI.Label (Rect (10,10,100,20), "Label");
GUI.Box (Rect (10,30,100,20), "Box");
GUI.Button (Rect (10,50,100,20), "Button");
}
Mengisi Rect(a,b,c,d) urutannya:
a. jarak horizontal dihitung dari kiri atas layar
b. jarak vertikal dihitung dari kiri atas layar
c. lebar objek
d. tinggi objek
Jadi jika ada GUI.Label (Rect (10,10,100,20), "Label"); artinya jarak horizontal 10, jarak vertikal 10, lebar 100, tinggi 20
Untuk belajar GUI lebih lanjut lihat di Unity help tab reference bagian GUI scripting guide[You must be registered and logged in to see this image.]
black pigeon- Unity3D Newbie
- Posts : 56
Points : 64
Reputation : 6
Join date : 2013-03-04
Re: BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
Mau nanya lagi gan, sccript manggil objeknya ane lihat di tutorial menggunakan "objek" tapi ("") gk bisa.
Sudah ane ketik tapi ("") gk muncul dan ane makai unity 4.1.5.
Mohon solusinya.
Sudah ane ketik tapi ("") gk muncul dan ane makai unity 4.1.5.
Mohon solusinya.
Robby Reinewald- Unity3D Newbie
- Posts : 5
Points : 7
Reputation : 0
Join date : 2014-01-26
Age : 29
Location : Yogyakarta
Re: BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
Pertama agan buat 2 Cube terus beri nama Kubus1 dan Kubus2
Taruh Kubus1 dan Kubus2 sejajar dan keduanya harus bisa terlihat kamera
Agan buat JavaScript beri nama terserah agan
Lalu isi scriptnya seperti ini
#pragma strict
var Objek2 : GameObject;
function Start(){
Objek2 = GameObject.Find("Kubus2"); //script memanggil objek bernama Kubus2
}
function Update () {
gameObject.transform.Rotate(0,1,0);
Objek2.transform.Translate(0,0,0.1);
}
Simpan, kemudian taruh scriptnya ke dalam Kubus1
Mainkan... jika benar Kubus1 akan berputar dan Kubus2 akan bergerak searah sumbu z
Sebenarnya kalo agan lihat, kita juga memanggil Kubus1 lho...
Itu terjadi pada perintah gameObject.transform.Rotate(0,1,0);
gameObject merupakan kata untuk menunjuk object yang SEDANG DITUNGGANGI oleh script itu sendiri
Kalo yang sedang ditunggangi adalah Kubus2 maka gameObject menunjuk pada Kubus2
Ingat gameObject berbeda dengan GameObject, baik secara fungsi maupun struktural
Jadi hati-hati... soalnya di JavaScript besar kecilnya tulisan ngaruh...
Taruh Kubus1 dan Kubus2 sejajar dan keduanya harus bisa terlihat kamera
Agan buat JavaScript beri nama terserah agan
Lalu isi scriptnya seperti ini
#pragma strict
var Objek2 : GameObject;
function Start(){
Objek2 = GameObject.Find("Kubus2"); //script memanggil objek bernama Kubus2
}
function Update () {
gameObject.transform.Rotate(0,1,0);
Objek2.transform.Translate(0,0,0.1);
}
Simpan, kemudian taruh scriptnya ke dalam Kubus1
Mainkan... jika benar Kubus1 akan berputar dan Kubus2 akan bergerak searah sumbu z
Sebenarnya kalo agan lihat, kita juga memanggil Kubus1 lho...
Itu terjadi pada perintah gameObject.transform.Rotate(0,1,0);
gameObject merupakan kata untuk menunjuk object yang SEDANG DITUNGGANGI oleh script itu sendiri
Kalo yang sedang ditunggangi adalah Kubus2 maka gameObject menunjuk pada Kubus2
Ingat gameObject berbeda dengan GameObject, baik secara fungsi maupun struktural
Jadi hati-hati... soalnya di JavaScript besar kecilnya tulisan ngaruh...

Last edited by black pigeon on Thu Jan 30, 2014 10:55 pm; edited 1 time in total
black pigeon- Unity3D Newbie
- Posts : 56
Points : 64
Reputation : 6
Join date : 2013-03-04
Re: BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
variasi lain dari script ini adalah
#pragma strict
var Objek2 : GameObject;
function Update () {
gameObject.transform.Rotate(0,1,0);
Objek2.transform.Translate(0,0,0.1);
}
Agan taruh dalam Kubus1
Namun sekarang untuk memanggil Kubus2...
Caranya agan drag n drop Kubus2 ke menu inspector Kubus1
[You must be registered and logged in to see this image.]
#pragma strict
var Objek2 : GameObject;
function Update () {
gameObject.transform.Rotate(0,1,0);
Objek2.transform.Translate(0,0,0.1);
}
Agan taruh dalam Kubus1
Namun sekarang untuk memanggil Kubus2...
Caranya agan drag n drop Kubus2 ke menu inspector Kubus1
[You must be registered and logged in to see this image.]
black pigeon- Unity3D Newbie
- Posts : 56
Points : 64
Reputation : 6
Join date : 2013-03-04
Ayo Semangat jadi Gamedev
hi All,
saya liat banyak yang resah untu scripting di Unity.
pada umumnya dalam scripting unity menggunakan javascript atau CSharp/C#, sejujurnya dari beberapa source yg saya pelajari, mereka sangat merekomendasikan menggunakan CSharp. karena dari pengalaman, C# memang lbh terstruktur dan familiar dengan bahasa keseharian kita (english tp bro)
oke..bagi yg pengen nanya2 tentang scripting CSharp, monggo .... saya akan bantu semaksimal mungkin
hayo kita hidupkan game dev Unity3D
saya liat banyak yang resah untu scripting di Unity.
pada umumnya dalam scripting unity menggunakan javascript atau CSharp/C#, sejujurnya dari beberapa source yg saya pelajari, mereka sangat merekomendasikan menggunakan CSharp. karena dari pengalaman, C# memang lbh terstruktur dan familiar dengan bahasa keseharian kita (english tp bro)
oke..bagi yg pengen nanya2 tentang scripting CSharp, monggo .... saya akan bantu semaksimal mungkin
hayo kita hidupkan game dev Unity3D
Re: BAGI-BAGI DONG ILMUNYA PLEASE ! ANE MASIH NEWBIE
buat para pemula, bisa langsung capcus ke blogtutorial-unity.blogspot.com, di situ ada tutorial2 sederhana. lumayan buat coba-coba
Page 1 of 1
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum
|
|
» [ASK HELP] Slide informasi di augmented reality
» ASK cara klik dan memunculkan informasi
» [Ask] mengubah game PC menjadi game Android
» Virtualisasi suatu Gedung mengunakan unity3D + google seketchUP
» Minta Tolong, slideshow ngga muncul saat object di klik
» tolong dong lagi bikin button rotate tp button ga keluar
» algoritma Minimax/negascout buat checkers
» screenshot