cara membaca script
2 posters
Page 1 of 1
cara membaca script
bagaimana cara membaca script c# ini? mohon bantuannya?.
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class BirdScript : MonoBehaviour
{
public float upForce;
public float forwardSpeed;
public bool isDead = false;
Animator anim;
bool flap = false;
void Start()
{
anim = GetComponent<Animator> ();
rigidbody2D.velocity = new Vector2 (forwardSpeed, 0);
}
void Update()
{
if (isDead)
return;
if (Input.anyKeyDown)
flap = true;
}
void FixedUpdate()
{
if (flap)
{
flap = false;
anim.SetTrigger("Flap");
rigidbody2D.velocity = new Vector2(rigidbody2D.velocity.x, 0);
rigidbody2D.AddForce(new Vector2(0, upForce));
}
}
void OnCollisionEnter2D(Collision2D other)
{
isDead = true;
anim.SetTrigger ("Die");
GameControlScript.current.BirdDied ();
}
}
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class BirdScript : MonoBehaviour
{
public float upForce;
public float forwardSpeed;
public bool isDead = false;
Animator anim;
bool flap = false;
void Start()
{
anim = GetComponent<Animator> ();
rigidbody2D.velocity = new Vector2 (forwardSpeed, 0);
}
void Update()
{
if (isDead)
return;
if (Input.anyKeyDown)
flap = true;
}
void FixedUpdate()
{
if (flap)
{
flap = false;
anim.SetTrigger("Flap");
rigidbody2D.velocity = new Vector2(rigidbody2D.velocity.x, 0);
rigidbody2D.AddForce(new Vector2(0, upForce));
}
}
void OnCollisionEnter2D(Collision2D other)
{
isDead = true;
anim.SetTrigger ("Die");
GameControlScript.current.BirdDied ();
}
}
008- Unity3D Newbie
- Posts : 6
Points : 14
Reputation : 0
Join date : 2015-04-19
Re: cara membaca script
sebuah class BirdScript dengan base monodevelop class, script ini kliatannya sebagai controller script
- upforce adalah variable bertype float, dengan nilai default null/tidak ada
- begitupun dengan forwardspeed,
- kemudian isDead adalah variable bool yg hanya memiliki nilai True dan False, sementara default bernilai false
- ketiga variable tersebut bersifat public, sehingga dapat di setting di inspector nya, dan dapat di akses oleh controller lain
- Anim adalah variable untuk Animation, dimana ini masih kosong. Animation itu adalah komponen animasi di dalam gameobject tersebut
--> START
ini adalah bagian yg akan dibaca pertama kali saat game dimulai, nah anim kemudian diisi dengan komponen animation dari object dimana script ini berada.
jadi sebenarnya, object ini sdh diberikan komponen animation, begitupun juga dengan rigidbody (silahkan cek di inspector panel dari obej ini)
rigidbody2D.velocity = new Vector2 (forwardSpeed, 0); artinya velocity atau kecepatan yg dikendalikan dengan rigidbody ditentukan sebagai permulaan,
vector2 sama dengan 2 dimensi array yang isinya berupa X, dan Y, X = forwarSpeed yaitu 0, dan Y juga 0, sehingga hanya diam saja
--> UPDATE
ini bagian yang dicek oleh program secara terus menerus atau frame per frame
- jika isDead menjadi True, maka return atau kembali ke posisi awal lagi
- jika ada tombol keyboard apapun yg di tekan, maka flap menjadi true, dibagian selanjutnya ada sesuatu yang terjadi jika flap menjadi Trus
--> FixedUpdate
ini bagian sama dengan Update diatas, bedanya klo fixed itu fix perframe per detik, sedangkan update terjadi per frame tanpa menghiraukan waktu. melainkan berdasarkan kecepatan komputasi komputer
...
- upforce adalah variable bertype float, dengan nilai default null/tidak ada
- begitupun dengan forwardspeed,
- kemudian isDead adalah variable bool yg hanya memiliki nilai True dan False, sementara default bernilai false
- ketiga variable tersebut bersifat public, sehingga dapat di setting di inspector nya, dan dapat di akses oleh controller lain
- Anim adalah variable untuk Animation, dimana ini masih kosong. Animation itu adalah komponen animasi di dalam gameobject tersebut
--> START
ini adalah bagian yg akan dibaca pertama kali saat game dimulai, nah anim kemudian diisi dengan komponen animation dari object dimana script ini berada.
jadi sebenarnya, object ini sdh diberikan komponen animation, begitupun juga dengan rigidbody (silahkan cek di inspector panel dari obej ini)
rigidbody2D.velocity = new Vector2 (forwardSpeed, 0); artinya velocity atau kecepatan yg dikendalikan dengan rigidbody ditentukan sebagai permulaan,
vector2 sama dengan 2 dimensi array yang isinya berupa X, dan Y, X = forwarSpeed yaitu 0, dan Y juga 0, sehingga hanya diam saja
--> UPDATE
ini bagian yang dicek oleh program secara terus menerus atau frame per frame
- jika isDead menjadi True, maka return atau kembali ke posisi awal lagi
- jika ada tombol keyboard apapun yg di tekan, maka flap menjadi true, dibagian selanjutnya ada sesuatu yang terjadi jika flap menjadi Trus
--> FixedUpdate
ini bagian sama dengan Update diatas, bedanya klo fixed itu fix perframe per detik, sedangkan update terjadi per frame tanpa menghiraukan waktu. melainkan berdasarkan kecepatan komputasi komputer
...
pertanyaan ini akan panjang....
kenapa pakai float bukan int? lalu kenapa tdk diberi nilai?
008- Unity3D Newbie
- Posts : 6
Points : 14
Reputation : 0
Join date : 2015-04-19
Re: cara membaca script
float, type yang dapat menampung nilai bilangan bulat pecahan seperti 0.1, 3.25, dst (float harus ada huruf f dblkg nilai 0.25f)
Int, type yg dapat menampung nilai bilangan bulat saja, seperti 1, 5, 3, dst
new Vector2 (forwardSpeed, 0) itu nilainya (float, float) jadi harus pakai float, sebenarnya bisa aja menggunakan int, tapi tetap harus di konversi ke float lagi, yaitu new Vector2 ((float)forwardSpeed, 0).
tidak diberikan nilai karena nilainya akan dinamis, tidak ada yang menjadi nilai patokan, oleh karena itu dibiarkan dengan tanpa nilai atau null,
float angka = 0;
berbeda
float angka;
tetapi tidak boleh float angka = null; karena null untuk object
Int, type yg dapat menampung nilai bilangan bulat saja, seperti 1, 5, 3, dst
new Vector2 (forwardSpeed, 0) itu nilainya (float, float) jadi harus pakai float, sebenarnya bisa aja menggunakan int, tapi tetap harus di konversi ke float lagi, yaitu new Vector2 ((float)forwardSpeed, 0).
tidak diberikan nilai karena nilainya akan dinamis, tidak ada yang menjadi nilai patokan, oleh karena itu dibiarkan dengan tanpa nilai atau null,
float angka = 0;
berbeda
float angka;
tetapi tidak boleh float angka = null; karena null untuk object
public class next...
untuk deklrasi &/ variable sprti co/ diatas;
public float upForce;
public float forwardSpeed;
public bool isDead = false;
Animator anim;
bool flap = false;
1."utk dklrasi vribel float upForce&forwardSpeed yg tdk diberi nilai,yg berarti ini objeck/karakter utama tsb jika di beri script ini (diam obj tsb)" apkah krna diberi nilai null & public,jadi di inspector menu script,kita bisa setting berapapun nilainya entah utk kecepatan obj tsb&apkah ini keuntungan nilai "null"?
2.bool isDead = false;
bool itu true/false , vrbel isDead di beri nilai false(^-^)menurutku ini(bool isDead = false; )a/ sbuah dklrasi saja?
Jadi apa fungsinya, kenapa type bool,lalu di bri nilai false beda dgn;
Animator anim;
bool flap = false;
(^-^)menurutku ini file Animator yg diberi nama anim lalu dklarasi type bool yg diberi nama flap,mungkin dklrasi ini utk mengerakkan obj/karakter tsb,misal animation tsb a/ jump. Lalau kenapa di beri nilai false juga,ini berarti animation jadi tdk berfungsi?
3.utk animation; sya unduh animation di asset store jika saya unduh co/ publish A file a yg brisi animation walk dgn karakter goblin dan Publish G file g yg hanya berisi 1 karakter bernama J manusia. Lalu saya buat project baru lalu saya gunakan karakter J menambah animation walk kenapa tdk fungsi/tek melangkah/walk animation tsb hanya bergeser saja?bagaimana cranya agar J bsa melangkahg
public float upForce;
public float forwardSpeed;
public bool isDead = false;
Animator anim;
bool flap = false;
1."utk dklrasi vribel float upForce&forwardSpeed yg tdk diberi nilai,yg berarti ini objeck/karakter utama tsb jika di beri script ini (diam obj tsb)" apkah krna diberi nilai null & public,jadi di inspector menu script,kita bisa setting berapapun nilainya entah utk kecepatan obj tsb&apkah ini keuntungan nilai "null"?
2.bool isDead = false;
bool itu true/false , vrbel isDead di beri nilai false(^-^)menurutku ini(bool isDead = false; )a/ sbuah dklrasi saja?
Jadi apa fungsinya, kenapa type bool,lalu di bri nilai false beda dgn;
Animator anim;
bool flap = false;
(^-^)menurutku ini file Animator yg diberi nama anim lalu dklarasi type bool yg diberi nama flap,mungkin dklrasi ini utk mengerakkan obj/karakter tsb,misal animation tsb a/ jump. Lalau kenapa di beri nilai false juga,ini berarti animation jadi tdk berfungsi?
3.utk animation; sya unduh animation di asset store jika saya unduh co/ publish A file a yg brisi animation walk dgn karakter goblin dan Publish G file g yg hanya berisi 1 karakter bernama J manusia. Lalu saya buat project baru lalu saya gunakan karakter J menambah animation walk kenapa tdk fungsi/tek melangkah/walk animation tsb hanya bergeser saja?bagaimana cranya agar J bsa melangkahg
008- Unity3D Newbie
- Posts : 6
Points : 14
Reputation : 0
Join date : 2015-04-19
Re: cara membaca script
1. untuk performance
2. bool gunanya untuk mengunci dan membuka
2. Animator itu satu component, digunakan untuk animation controller
3. suatu file animation belum tentu cocok dengan character anda, karena menggnakan koordinat bones, ini jumlahnya sangat banyak dan perlu re-targetting.
jadi untuk animation dari suatu character biasanya di ambil dari masing-masing file fbx nya, yaitu file character + animationnya.
sebaiknya cari referensi dasar untuk animating character di unity via google. di wen Unity sendiri ada kok contoh2 nya
2. bool gunanya untuk mengunci dan membuka
2. Animator itu satu component, digunakan untuk animation controller
3. suatu file animation belum tentu cocok dengan character anda, karena menggnakan koordinat bones, ini jumlahnya sangat banyak dan perlu re-targetting.
jadi untuk animation dari suatu character biasanya di ambil dari masing-masing file fbx nya, yaitu file character + animationnya.
sebaiknya cari referensi dasar untuk animating character di unity via google. di wen Unity sendiri ada kok contoh2 nya

» =========>Galeri Game Unity3d Indonesia<=========
» [ASK] Need help Seputar script dll
» AI Airplane Script
» [ASK] Need help Seputar script dll
» AI Airplane Script
Page 1 of 1
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum
|
|
» [ASK HELP] Slide informasi di augmented reality
» ASK cara klik dan memunculkan informasi
» [Ask] mengubah game PC menjadi game Android
» Virtualisasi suatu Gedung mengunakan unity3D + google seketchUP
» Minta Tolong, slideshow ngga muncul saat object di klik
» tolong dong lagi bikin button rotate tp button ga keluar
» algoritma Minimax/negascout buat checkers
» screenshot