Search
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» Game Mewarnai Tutorial
Thu Mar 23, 2017 10:21 am by kamil

» [ASK HELP] Slide informasi di augmented reality
Tue Jan 03, 2017 8:58 pm by Briyan_ap

» ASK cara klik dan memunculkan informasi
Tue Jan 03, 2017 8:54 pm by Briyan_ap

» [Ask] mengubah game PC menjadi game Android
Tue Jan 03, 2017 10:57 am by NiethaChan

» Virtualisasi suatu Gedung mengunakan unity3D + google seketchUP
Sat Dec 31, 2016 1:06 am by zeepank

» Minta Tolong, slideshow ngga muncul saat object di klik
Tue Dec 27, 2016 12:53 pm by Briyan_ap

» tolong dong lagi bikin button rotate tp button ga keluar
Wed Dec 21, 2016 1:15 pm by Lita Misae

» algoritma Minimax/negascout buat checkers
Wed Nov 30, 2016 1:51 am by ardiansa

» screenshot
Wed Nov 16, 2016 10:15 pm by azhari

Statistic

cara membaca script

View previous topic View next topic Go down

cara membaca script

Post  008 on Mon Apr 20, 2015 7:07 pm

bagaimana cara membaca script c# ini? mohon bantuannya?.











using UnityEngine;
using System.Collections;

public class BirdScript : MonoBehaviour
{
public float upForce;
public float forwardSpeed;
public bool isDead = false;

Animator anim;
bool flap = false;


void Start()
{

anim = GetComponent<Animator> ();

rigidbody2D.velocity = new Vector2 (forwardSpeed, 0);
}

void Update()
{

if (isDead)
return;
if (Input.anyKeyDown)
flap = true;
}

void FixedUpdate()
{
if (flap)
{
flap = false;

anim.SetTrigger("Flap");
rigidbody2D.velocity = new Vector2(rigidbody2D.velocity.x, 0);
rigidbody2D.AddForce(new Vector2(0, upForce));
}
}

void OnCollisionEnter2D(Collision2D other)
{
isDead = true;
anim.SetTrigger ("Die");
GameControlScript.current.BirdDied ();
}
}
avatar
008
Unity3D Newbie
Unity3D Newbie

Posts : 6
Points : 14
Reputation : 0
Join date : 2015-04-19

View user profile

Back to top Go down

Re: cara membaca script

Post  aanimation on Wed Apr 22, 2015 9:55 am

sebuah class BirdScript dengan base monodevelop class, script ini kliatannya sebagai controller script

- upforce adalah variable bertype float, dengan nilai default null/tidak ada
- begitupun dengan forwardspeed,
- kemudian isDead adalah variable bool yg hanya memiliki nilai True dan False, sementara default bernilai false
- ketiga variable tersebut bersifat public, sehingga dapat di setting di inspector nya, dan dapat di akses oleh controller lain

- Anim adalah variable untuk Animation, dimana ini masih kosong. Animation itu adalah komponen animasi di dalam gameobject tersebut

--> START
ini adalah bagian yg akan dibaca pertama kali saat game dimulai, nah anim kemudian diisi dengan komponen animation dari object dimana script ini berada.
jadi sebenarnya, object ini sdh diberikan komponen animation, begitupun juga dengan rigidbody (silahkan cek di inspector panel dari obej ini)

rigidbody2D.velocity = new Vector2 (forwardSpeed, 0); artinya velocity atau kecepatan yg dikendalikan dengan rigidbody ditentukan sebagai permulaan,
vector2 sama dengan 2 dimensi array yang isinya berupa X, dan Y, X = forwarSpeed yaitu 0, dan Y juga 0, sehingga hanya diam saja

--> UPDATE
ini bagian yang dicek oleh program secara terus menerus atau frame per frame
- jika isDead menjadi True, maka return atau kembali ke posisi awal lagi
- jika ada tombol keyboard apapun yg di tekan, maka flap menjadi true, dibagian selanjutnya ada sesuatu yang terjadi jika flap menjadi Trus

--> FixedUpdate
ini bagian sama dengan Update diatas, bedanya klo fixed itu fix perframe per detik, sedangkan update terjadi per frame tanpa menghiraukan waktu. melainkan berdasarkan kecepatan komputasi komputer

...
avatar
aanimation
Unity3D Newbie
Unity3D Newbie

Posts : 47
Points : 50
Reputation : 3
Join date : 2014-03-21
Age : 32
Location : Jogjakarta

View user profile https://dl.dropboxusercontent.com/u/25548837/majaGame/version5.h

Back to top Go down

pertanyaan ini akan panjang....

Post  008 on Wed Apr 22, 2015 10:17 am

kenapa pakai float bukan int? lalu kenapa tdk diberi nilai?
avatar
008
Unity3D Newbie
Unity3D Newbie

Posts : 6
Points : 14
Reputation : 0
Join date : 2015-04-19

View user profile

Back to top Go down

Re: cara membaca script

Post  aanimation on Wed Apr 22, 2015 11:16 am

float, type yang dapat menampung nilai bilangan bulat pecahan seperti 0.1, 3.25, dst (float harus ada huruf f dblkg nilai 0.25f)
Int, type yg dapat menampung nilai bilangan bulat saja, seperti 1, 5, 3, dst

new Vector2 (forwardSpeed, 0) itu nilainya (float, float) jadi harus pakai float, sebenarnya bisa aja menggunakan int, tapi tetap harus di konversi ke float lagi, yaitu new Vector2 ((float)forwardSpeed, 0).

tidak diberikan nilai karena nilainya akan dinamis, tidak ada yang menjadi nilai patokan, oleh karena itu dibiarkan dengan tanpa nilai atau null,

float angka = 0;
berbeda
float angka;

tetapi tidak boleh float angka = null; karena null untuk object
avatar
aanimation
Unity3D Newbie
Unity3D Newbie

Posts : 47
Points : 50
Reputation : 3
Join date : 2014-03-21
Age : 32
Location : Jogjakarta

View user profile https://dl.dropboxusercontent.com/u/25548837/majaGame/version5.h

Back to top Go down

public class next...

Post  008 on Wed Apr 22, 2015 5:00 pm

untuk deklrasi &/ variable sprti co/ diatas;
public float upForce;
public float forwardSpeed;
public bool isDead = false;

Animator anim;
bool flap = false;

1."utk dklrasi vribel float upForce&forwardSpeed yg tdk diberi nilai,yg berarti ini objeck/karakter utama tsb jika di beri script ini (diam obj tsb)" apkah krna diberi nilai null & public,jadi di inspector menu script,kita bisa setting berapapun nilainya entah utk kecepatan obj tsb&apkah ini keuntungan nilai "null"?
2.bool isDead = false;
bool itu true/false , vrbel isDead di beri nilai false(^-^)menurutku ini(bool isDead = false; )a/ sbuah dklrasi saja?
Jadi apa fungsinya, kenapa type bool,lalu di bri nilai false beda dgn;
Animator anim;
bool flap = false;
(^-^)menurutku ini file Animator yg diberi nama anim lalu dklarasi type bool yg diberi nama flap,mungkin dklrasi ini utk mengerakkan obj/karakter tsb,misal animation tsb a/ jump. Lalau kenapa di beri nilai false juga,ini berarti animation jadi tdk berfungsi?

3.utk animation; sya unduh animation di asset store jika saya unduh co/ publish A file a yg brisi animation walk dgn karakter goblin dan Publish G file g yg hanya berisi 1 karakter bernama J manusia. Lalu saya buat project baru lalu saya gunakan karakter J menambah animation walk kenapa tdk fungsi/tek melangkah/walk animation tsb hanya bergeser saja?bagaimana cranya agar J bsa melangkahg
avatar
008
Unity3D Newbie
Unity3D Newbie

Posts : 6
Points : 14
Reputation : 0
Join date : 2015-04-19

View user profile

Back to top Go down

Re: cara membaca script

Post  aanimation on Wed Apr 22, 2015 5:31 pm

1. untuk performance
2. bool gunanya untuk mengunci dan membuka
2. Animator itu satu component, digunakan untuk animation controller
3. suatu file animation belum tentu cocok dengan character anda, karena menggnakan koordinat bones, ini jumlahnya sangat banyak dan perlu re-targetting.
jadi untuk animation dari suatu character biasanya di ambil dari masing-masing file fbx nya, yaitu file character + animationnya.

sebaiknya cari referensi dasar untuk animating character di unity via google. di wen Unity sendiri ada kok contoh2 nya
avatar
aanimation
Unity3D Newbie
Unity3D Newbie

Posts : 47
Points : 50
Reputation : 3
Join date : 2014-03-21
Age : 32
Location : Jogjakarta

View user profile https://dl.dropboxusercontent.com/u/25548837/majaGame/version5.h

Back to top Go down

Re: cara membaca script

Post  Sponsored content


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum